Senin, 25 November 2019

Cara Download dan Ekstrak Data CHIRPS

CHIRPS singkatan dari Climate Hazard InfraRed Precipitation with Station. CHIRPS merupakan data curah hujan yang memanfaatkan gelombang infrared dan stasiun hujan dengan resolusi spasial 0,05⁰ (per piksel) atau sekitar 5km x 5km untuk mengestimasikan nilai curah hujan yang berkelanjutan di suatu wilayah serta untuk analisis trend kekeringan. Kelebihan lain dari data CHIRPS adalah dapat menyajikan curah hujan harian maupun bulanan. 

Data CHIRPS dapat didownload pada link :
 

Salah satu format data yang tersedia adalah dalam NetCDF (nc). Untuk mengekstrak data CHIRPS sebenarnya dapat menggunakan banyak cara dan aplikasi. Dan dalam blog ini akan disampaikan cara ekstrak data CHIRPS dengan menggunakan aplikasi GrADS (Grid Analisys and Display System), pada koordinat yang diinginkan dan dalam format timeseries.

Setelah download data CHIRPS format NetCDF dari ftp diatas, kita bisa langsung menjalankan script GrADS berikut untuk mengekstrak data CHIRPS menjadi data dalam format txt pada titik koordinat yang diinginkan :

1. Pertama-tama download dulu file wrseries.gs dan letakkan pada direktori grads/script/
2. Kemudian copy script GrADS berikut ini ke notepad dan simpan dalam format .gs dan beri nama ekstrak.gs. (Dalam contoh ini, saya mengambil koordinat di Provinsi Jambi).

'reinit'
'sdfopen PATH\chirps.1981.days_p05.nc'

t1=1
t2=365
'set t 't1' 't2

'define hujan=precip'

**01kotabaru
'set lat -1.65'
'set lon 103.65'
'wrseries
PATH\01kotabaru.txt 'hujan

**02telanaipura
'set lat -1.62'
'set lon 103.62'
'wrseries
PATH\02telanaipura.txt 'hujan

**03pasar
'set lat -1.65'
'set lon 103.70'
'wrseries
PATH\03pasar.txt 'hujan

3. Output dari script diatas adalah terbentuknya tiga file txt yang merupakan ekstrak data harian CHIRPS tahun 1981 dari tiga lokasi. Tiga file txt yang terbentuk adalah : 01kotabaru.txt, 02telanaipura.txt, 03pasar,txt

4. Kita bisa menambah jumlah titik yang diekstrak menjadi lebih banyak. Dan untuk meneruskan ekstrak tahun 1982 tinggal ganti nama file dan hasil ekstraknya akan otomatis meneruskan dibawah series 1981 yang sebelumnya.

5. untuk menjalankan file gs diatas :
>> run ekstrak.gs

Selamat mencoba...
 
Catatan : 
Jika anda kesulitan menemukan file wrseries.gs, silahkan tinggalkan alamat email di kolom komentar, Insya Allah akan saya kirimkan via email. Terima kasih.
 
Kebanyakan PC atau laptop akan lemot jika harus menulis langsung dari t=1 sd t=365, untuk itu diajurkan untuk memulai dengan t=1 sd t=100, setelah selesai lanjut t=101 sd t=200, dan terakhir t=201 sd t=365.

110 komentar:

  1. Download file wrseries.gs dimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika tidak ketemu bisa saya emailkan... silahkan tinggalkan alamat emailnya.... terima kasih

      Hapus
    2. ini sama aja ga ya pak kalo pake grads? saya lupa caranya

      Hapus
    3. ada tutor video gak, saya bingung lewat text

      Hapus
  2. izin mas, kegunaan wrseries.gs untuk apanya ya mas? dan untuk downloadnya bagaimana ya? email : arisofyansauri111@gmail.com

    BalasHapus
  3. boleh minta wrseriesnya pak? arisofyansauri111@gmail.com

    BalasHapus
  4. boleh minta wrseriesnya pak? hardiyantismail@gmail.com

    BalasHapus
  5. apakah saya juga boleh meminta wrseriesnya pak? nanasbr17@gmail.com
    terima kasih pak

    BalasHapus
  6. Gimana caranya yah, soal wrseriesnya di dapat gmna yah! Saya mau analisis data Curah Hujan di Kabupaten Sumba Timur. email uskapeku7@gmail.com

    BalasHapus
  7. boleh minta wrseriesnya pak ? syaifuddinzuhri98@gmail.com terima kasih

    BalasHapus
  8. Salam, Pak. Saya memerlukan wrseries untuk ekstrak CHIRPS Jawa Timur. email izzatafirdausa@gmail.com. Terima kasih atas bantuannya.

    BalasHapus
  9. Izin minta wrseries nya pak? magalombang07@gmail.com

    BalasHapus
  10. izin minta wrseries juga mas Arif ? afif23ixa@gmail.com

    BalasHapus
  11. izin pak arif, saya jg bisa dikirimkan utk wrseriesnya pak, (rendrahkalalo@gmail.com)..terimakasih

    BalasHapus
  12. ijin pak, apakah saya jg bisa dikirimkan wrseriesnya pak.. trimakasih rendrahkalalo@gmail.com

    BalasHapus
  13. izin minta wrseries juga pak Arif ? adheviolaputera07@gmail.com

    BalasHapus
  14. selamat siang Pak Arif, terima kasih atas ilmunya Pak
    Mohon Bantuanna untuk file wrseries.gs nya, perkenalka saya Rizal Faozi Malik

    ini email saya rizal.faozi.m@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat siang mas Rizal.. wrseies.gs nya sdh diemailkan. Silahkan di cek emailnya...

      salam

      Hapus
  15. assalamualaikum, terima kasih atas ilmunya pak, mohon bantuannya untuk file wrseries.gs nya di kabupaten sukabumi. ini email saya rakahim30@gmail.com

    BalasHapus
  16. Waalaikum salam wr wb
    Silahkan cek emailnya mas...

    salam

    BalasHapus
  17. Selamat siang, izin untuk Pak untuk dikirimkan wr.series nya Pak. Email saya: alabama059199@gmail.com
    Terimakasih Pak

    BalasHapus
  18. Selamat siang Pak.
    Terimakasih atas pengetahuannya.
    Boleh minta izin untuk dikirimkan wr.seriesnya Pak ke email:
    alabama059199@gmail.com
    Terimakasih Pak

    BalasHapus
  19. selamat siang
    silahkan cek emailnya mas Bayu

    salam

    BalasHapus
  20. selamat siang Pak Arif, terima kasih atas ilmunya Pak
    Mohon Bantuanna untuk file wrseries.gs nya, perkenalkan saya Susilowati. alamat email saya susilowati@ubl.ac.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat siang mbak susilowati, silahkan cek emailnya. terima kasih... salam..

      arif m

      Hapus
  21. Assalamu'alaikum, terima kasih atas ilmunya pak🙏. Mohon bantunya untuk data wrseries.gs pak, berikut email saya syahfher99@gmail.com terimakasih banyak pak.

    BalasHapus
  22. Assalamu'alaikum, terima kasih atas ilmunya pak🙏. Mohon bantunya untuk data wrseries.gs pak, berikut email saya syahfher99@gmail.com terimakasih banyak pak.

    BalasHapus
  23. Boleh saya dikirimkan file wseries nya terima kasih dimasalga14@gmail.com

    BalasHapus
  24. Boleh saya dikirimkan file wseries nya terima kasih dimasalga14@gmail.com

    BalasHapus
  25. terimakasih atas infonya pak, boleh minta dikirimkan fike wrseries.gs nya? untuk farid_suryadi@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan cek emailnya mas.. semoga bermanfaat.
      salam..

      Hapus
  26. Terimakasih infonya Pak. Tapi saya ko tidak bisa membuka alamat untuk dwnload chirps nya ya? Dulu pernah download tahun 2016. Tapi tadi saya buka web diatas ko tidak bisa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa gunakan link yang satunya : https://data.chc.ucsb.edu/products/CHIRPS-2.0/global_daily/

      semoga berhasil..

      salam

      Hapus
  27. permisi saya mau tanya kan saya lokasi studi penelitian di suhat malang. vara download data bagai,mana caranjya ya?

    BalasHapus
  28. selamat malam, permisi saya ingin tanya kan lokasi penelitian saya berada di jalan soekarno hatta malang, lalu download data curah hujan di sekitar lokasi tersebut bagaimana? mohon bimbingannya? terimakasih . ini email saya : brendanovitamanik@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam, mungkin bisa coba download datanya dulu. Setelah itu bisa diikuti tutorial nya. Kalau ada kendala dan ingin ditanyakan boleh email ke marufi.arif@yahoo.com

      salam

      Hapus
  29. Selamat malam Bapak
    Boleh minta izin untuk dikirimkan wr.seriesnya Pak ke email: majidmajidmajid100@gmail.com
    terima kasih

    BalasHapus
  30. Selamat siang pak,izin bertanya,

    1. Kalau untuk ekstraksi data curah hujan bulanan apakah caranya sama seperti diatas?

    2. Dari yang saya lihat di halaman chirps disini https://data.chc.ucsb.edu/products/CHIRPS-2.0/global_monthly/ untuk data hujan bulanan berformat netcdf hanya ada 1 file berukuran 6,3GB apakah benar ini datanya?

    Mohon bantuannya pak. Terimakasih.
    Barakallahu fiikum

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Sepertinya sama saja mas..
      2. Saya belum pernah mendownload data bulanan tsb, tapi saya lihat ada data Indonesia Monthly.. mungkin bisa menggunakan data tersebut...

      Hapus
    2. Baik pak terimakasih atas responnya. Akan saya coba.
      Kalau boleh saya izin untuk minta wr.seriesnya melalui email pak, email saya jmdgraffito@gmail.com
      Terimakasih sebelumnya, Salam.

      Hapus
    3. silahkan cek emailnya mas... semoga bermanfaat..

      Hapus
    4. Baik pak terimakasih. Tadi sudah saya coba pak, ternyata data bulanan yang indonesia monthly bukan berformat .dc tetapi berformat .bil . Untuk pengolahan data ini apakah bisa tetap memakai GraDS ? Ataukah bisa dengan cara ekstraksi tif global monthly seperti yg bapak jelaskan disini ? https://arifmarufi.blogspot.com/2020/07/cara-ekstrak-data-chirps-format-tif.html#more

      Sekali lagi terimakasih pak, blognya sangat bermanfaat dan informatif bagi saya yg sedang melaksanakan tugas akhir.

      Hapus
    5. wah saya kebetulan belum pernah mengekstrak data format bil ini, sepertinya bisa dibuka di ArcGIS kemudian diconvert dulu ke shp atau tiff, baru bisa mengikuti tutorial tentang cara ekstrak data achirps format tiff... tapi kelemahannya harus melakukan tiap bulan, jika penelitian anda cukup panjang maka sangat memakan waktu. solusinya dengan membuat model builder di ArcGIS untuk mengolah secara otomatis.

      mungkin perlu dicoba download data bulanan yang 6gb tsb...

      semoga berhasil...

      salam

      Hapus
    6. atau bisa juga menggunakan data tiff bulanan yang ada di folder global_monthly. cuma resikonya mengolah satu per satu tiap bulan.

      semangat mas, tugas akhir memang banyak pengorbanan. tapi insya Allah banyak ilmu yang diperoleh...

      Hapus
    7. Siap pak maturnuwun atas atensinya inshaAllah akan selalu semangat dalam menuntut ilmu.
      Izin bertanya kembali pak, kalau untuk pengolahan data hujan bulanan dari nc 6gb tersebut apakah script GrADS nya juga sama seperti diatas? Karena data 6gb tersebut mencakup data tahun 1980-2021. Bagaimana cara penulisan script untuk menuliskan periode tahun yang akan dipilih?
      Mohon bantuannya dan salam sehat selalu.

      Hapus
    8. pada prinsipnya sama mas... jadi nanti yang diatur adalah waktunya (t). pada baris ke-4 dan ke-5 ada pengaturan waktu (t), disitu berarti t1 = 1 jan 1980, kemudian t2 = 2 jan 1980 dst. karena 1 tahun ada 365 hari maka t nya tinggal dikalikan saja berapa tahun yang tersedia.

      untuk mempermudah, coba setting t1 =1 dan t2=10 misalnya, kemudian jalankan scriptnya. jika berhasil tinggal melanjutkan t1=11 dan t2=20.. maka data yang ditulis akan melanjutkan dengan data sebelumnya.

      saya pernah mencoba menulis t1=1 dan t2=365 (1 tahun) namun laptop saya langsung nggak bergerak... jadi mesti pintar2 mensiasati kondisi laptop/pc kita dalam menjalankan script ini. Namun dengan pc yang berbeda, saya berhasil menulis dengan t1=1 dan t2=100...selanjutnya t1=101 dan t2=200.. demikian seterusnya...

      selamat mencoba

      salam

      Hapus
  31. Boleh minta wrseries.gs nya Pak? email saya jorgif11@gmail.com , terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan cek email mas... semoga bermanfaat..
      salam

      Hapus
  32. Mas kalo buat data suhu ada tutorialnya kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. belum ada.tp prinsipnya sama saja, tinggal ganti variabel curah hujan atau precip menjadi suhu udara...

      Hapus
  33. Izin Pak. Boleh minta file wrseries.gs
    ini amalamt emailnya pak sarifrobo5@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan cek emailnya mas, semoga bermanfaat

      salam

      Hapus
  34. boleh minta wrseriesnya pak? tiketmahendra@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan cek emailnya mas.. semoga bermanfaat.

      salam

      Hapus
  35. boleh minta wrseriesnya pak? windasariazis@gmail.com
    terima kasih pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan cek emailnya, semoga bermanfaat

      salam

      Hapus
  36. boleh minta wrseriesnya pak? izzaroyan@gmail.com
    terima kasih pak

    BalasHapus
  37. boleh minta wrseriesnya pak? izzaroyan@gmail.com
    terima kasih pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan cek emailnya... semoga bermanfaat. terima kasih

      salam

      Hapus
  38. mohon maaf bisa minta file wrseries.gs
    email ibnubarqy3@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan cek emailnya
      semoga bermanfaat
      salam sehat

      Hapus
  39. Mohon maaf saya boleh minta file wrseries.gs nya pak?
    Email siscaarr@gmail.com
    Terima kasih pak

    BalasHapus
  40. Mohon maaf saya bisa minta file wrseries.gs nya pak?
    Email siscaarr@gmail.com
    Terima kasih pak

    BalasHapus
  41. Mohon maaf, saya boleh minta file wrseries.gs nya Pak?
    email: fandy.balbo@gmail.com
    terima kasih

    BalasHapus
  42. bismillah,
    maaf pak, saya boleh minta file wrseries.gs nya juga?
    email : liayuzamurtaba@gmail.com
    terima kasih pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah diterima, terima kasih pak, semoga Allah membalas kebaikan bapak

      Hapus
  43. maaf pak, saya boleh minta file wrseries.gs nya juga?
    email : dekkiki19@gmail.com
    terima kasih sebelumnya pak

    BalasHapus
  44. maaf pak, saya boleh minta file wrseries.gs nya juga?
    email : dekkiki19@gmail.com
    terima kasih banyak sebelumnya pak

    BalasHapus
  45. Siang pak, saya bisa minta file wrseries.gs nya pak? Email siklonxxx@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat siang, silahkan cek emailnya

      salam sehat

      Hapus
  46. Selamar sore mas arif, bisa minta dibagikan file wrseries.gs nya juga ke email saya
    alfian1791@gmail.com

    BalasHapus
  47. selamat pagi pak, mohon maaf pak bolehkah saya meminta file wrseries ke email saya pak @fatimahkusumaaa@gmail.com . Terimakasih pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat pagi.. silahkan cek emailnya mbak.. salam sehat

      Hapus
  48. Selamat sore Pak, apakah saya boleh minta file wrseries.gsnya?
    ini email saya vaiqotur88@gmail.com
    terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  49. Selamat sore Pak, apakah saya boleh minta file wrseries.gsnya?
    ini email saya vaiqotur88@gmail.com
    terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  50. selamat malam pak semoga masih aktif... apakah saya boleh meminta file wrseries.gs nya?ini email saya tyalovyta78@gmail.com , terimakasih sebelumnya..

    BalasHapus
  51. Selamat Pagi Mas Arif, Izin Minta FIlenya
    Sarifrobo5@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat siang Pak Arif., bisa minta file wrseries.gs kh Pak. terima kasih. djakasurya80@gmail.com

      Hapus
    2. cek emailnya semoga bermanfaat

      Hapus
  52. Selamat malam Pak Arif.
    Mohon izin kiranya berkenan, saya izin meminta file wrseries.gs tersebut untuk keperluan pengolahan data. Berikut alamat e-mail saya: faqih.musyaffa@gmail.com. Terima kasih.

    Salam hormat,
    Faqih

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba cek emailnya.. semoga bermanfaat

      Hapus
    2. Siap terima kasih Pak. File sudah kami terima.

      Hapus
  53. Selamat pagi pak Arif ,, saya izin meminta file wrseries.gs tersebut untuk keperluan pengolahan data,, berikut email-nya adeayuoktaviana123@gmail.com terima kasih pak 🙏

    BalasHapus