Selasa, 16 Juni 2020

Control File (*.ctl) GrADS untuk Data GSMaP Harian

Tidak semua file data kebumian dibuat dalam format NetCDF (*.nc), kadang-kadang file tersebut ditulis dalam format yang lain seperti *.dat. Jika untuk membuka file NetCDF (.nc) pada aplikasi GrADS kita bisa langsung dengan menggunakan perintah sdfopen nama_file.nc, namun untuk file selain NetCDF kita memerlukan file deskriptor sebagai perantara untuk membukanya. Dengan file deskriptor kita juga bisa menggabungkan banyak file seolah-olah merupakan 1 file saja dalam pengelolaannya atau analisisnya.

File deskriptor adalah file yang berisi tentang metadata. File deskriptor memiliki ekstensi *.ctl sehingga disebut juga sebagai kontrol file. Kadang-kadang kontrol file ini telah disediakan oleh institusi atau website yang mengupload data. Jika tidak, maka kita harus membuat kontrol file ini sendiri. Contoh Kontrol File (*.ctl) dari data GSMaP harian :


DSET ^gsmap_nrt.%y4%m2%d2.0.1d.daily.00Z-23Z.dat
TITLE GSMaP_NRT 0.1deg Daily (00:00Z-23:59Z)
UNDEF -999.9
OPTIONS YREV LITTLE_ENDIAN TEMPLATE
XDEF 3600 LINEAR  0.05 0.1
YDEF 1200  LINEAR -59.95 0.1
ZDEF 1 levels 1013
TDEF 365 linear 00:00z1jan2020 1dy
VARS 1
precip 0 99 daily averaged precip(mm/hr)
ENDVARS


Penjelasan :

DATASET menjelaskan nama file yang akan dibuka. Lambang ^ sebagai pengganti PATH direktori tempat data disimpan. Sebagaimana diketahui bahwa nama file GSMaP yang sudah diekstrak adalah gsmap_nrt_20200101.0.1d.daily.00Z-23Z.dat, Maka %y4 sebagai pengganti empat digit tahun, %m2 sebagai pengganti dua digit bulan, dan %d2 sebagai pengganti dua digit tanggal. Adanya subtitusi tahun, bulan dan tanggal ini digunakan untuk membaca dan menganalisa file yang lebih dari 1 buah.

TITLE merupakan deskripsi singkat tentang isi file.

UNDEF merupakan angka pengganti untuk missing value.

OPTIONS sebagai pengontrol berbagai aspek cara GrADS menginterpretasikan file data. YREV menunjukkan bahwa dimensi Y (Lintang) dalam file data ditulis dalam urutan terbalik dari asumsi GrADS. Dimana GrADS biasanya menggambarkan data dari Selatan ke Utara, jadi dengan Options Yrev maka data digambarkan dari utara ke selatan. LITTLE ENDIAN menunjukkan file data berisi IEEE-32bit float yang dibuat pada plattform Littel Endian. TEMPLATE menunjukkan template untuk mengelola file yang lebih dari satu file. 

XDEF mendefinisikan nilai grid untuk dimensi X (bujur), dimana nilai 3600 adalah jumlah total grid dan 0,05 merupakan titik grid awal serta 0,1 adalah jarak antar grid. Dalam contoh ini, perkalian antara jumlah total grid dan jarak antar grid adalah 360x0,1=360 derajat yang berarti bahwa data tersebut meliputi seluruh bujur di bumi.

YDEF mendefinisikan nilai grid untuk dimensi Y (lintang), dimana nilai 1200 adalah jumlah total grid dan 59,5 adalah titik awal grid serta 0,1 adalah jarak antar grid.

ZDEF mendefenisikan nilai grid untuk dimensi Z (level ketinggian), dimana nilai 1 berarti data hanya memiliki satu level ketinggian, dan nilai 1013 menunjukkan level di permukaan.

TDEF mendefenisikan nilai grid untuk dimensi T (waktu), dimana nilai 365 berarti jumlah waktu yang dalam hal ini adalah 365 hari, dan 00:00z1jan2020 1dy harus diisi dengan tanggal pertama data yang didownload dan disimpan dalam folder yang bersangkutan.

VARS menjelaskan semua data yang terkandung dalam file data, dimana angka 1 menunjukkan bahwa hanya ada satu variabel dalam file data tersebut. Nama variabelnya adalah precip yang merupakan data curah hujan harian.

ENDVARS merupakan baris terakhir dari file deskriptor (*.ctl) GrADS, biasanya jika ada baris lain setelah ENDVARS walaupun itu baris kosong maka file deskriptor tidak bisa terbaca.

Selamat Mencoba...

9 komentar:

  1. sangat bermanfaat sekali mas lanjutkan berbagi ilmunya :)

    BalasHapus
  2. Hallo pak, izin bertanya untuk data gsmap perbulan. file (ctl) untuk title dan TDEF nya ditulis bagaimana ya? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Title itu semacam judul data saja, jadi daily diganti monthly.
      Kemudian untuk TDEF sebenarnya menggambarkan berapa panjang data yang didownload. misalnya kita ingin mengolah data 1 tahun saja, maka TDEF nya adalah 12 dan dimulai dari bulan paling awal yaitu januari tahun yang bersangkutan...

      semoga bermanfaat

      salam

      Hapus
    2. yang penting diubah adalah nama file yang tergambar di DSET agar disesuaikan dengan nama file bulanan yang didownload...

      Hapus
  3. izin bertanya, bagaimana cara membuat ctl file hasil output dari model. Misal ada model A memiliki fasilitas visualisasi yg terbatas sehingga kita ingin membuka di tools lain, file output model tsb .dat shingga membutuhkan file control., kesulitan saya adalah menentukan Xdef dan Ydef krn sya tidak tau jumlah grid yg ada, jika hnya diketahui lat lon ny saja gimn pak? kmudian saya mau tanya angkat 59.5 pada ydef cth diatas didapatkan darimana ya pak, maksudnya bagaimana kita tau grid awal yg di maksud di 59.5?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada beberapa kemungkinan yang bisa dilakukan, pertama bisa jadi resolusi output model sama dengan inputnya, sehingga setting xdef dan ydef nya disamakan dengan inputnya. kedua, mungkin bisa dicermati lagi data lon lat nya, sehingga terlihat jumlah gridnya, caranya bisa dengan menulis data tsb di format ascii..

      kalau contoh saya diatas, kebetulan pada file metadata gsmap sdh tersedia informasi lon lat dan grid nya, shg tinggal menuangkan dalam bentuk ctl.

      Hapus
  4. Mau tanya pak, kan saya punya data gsmap yg monthly selama dua tahun, trus saya ingin bikin data seasonal misal bulan Mar Apr Mei untuk dua tahun tersebut. Buat mengakumulasi semua data itu nanti di TDEF ditulis gimana pak? Terima kasih 🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi TDEF nya dibuat 24 karena data bulanan, dan ditulis awal data (bulan dan tahun). untuk membuat seasonal nanti dilakukan di script gradsnya tidak di kontrol file (*.ctl)

      Hapus