Jumat, 27 Desember 2019

Download Data Subseasonal To Seasonal (S2S) Prediction





S2S Prediction : The Bridge Between Weather and Climate

S2S Prediction Project diinisiasi oleh World Meteorological Organitation (WMO) pada tahun 2012. Terdiri dari dua periode yaitu : periode pertama November 2013 sd 2018 dan periode kedua Januari 2019 sd Desember 2023.  Tujuan utama kegiatan ini adalah (1) Untuk meningkatkan skill forecast dan pemahaman tentang sub seasonal to seasonal dengan penekanan khusus pada peristiwa cuaca beresiko tinggi; (2) Untuk mempromosikan pengambilan inisiatif oleh pusat operasional dan pemanfaatannya oleh komunitas pengguna; (3) Untuk memanfaatkan komunitas riset cuaca dan iklim untuk menangani isu-isu penting bagi Kerangka Global untuk Layanan Iklim.

Cara Download Data S2S : 
Data dapat didownload pada website : https://apps.ecmwf.int/datasets/data/s2s/levtype=sfc/type=cf/   

Untuk bisa mendownload data, kita lebih dahulu harus melakukan pendaftaran sehingga mendapatkan username dan password dari website tersebut.

Ada semacam informasi yang memuat anjuran untuk membuat permintaan data yang efisien sehingga dapat diproses lebih cepat.

Di bagian kiri, ada menu S2s Datasets yang terdiri dari dua pilihan yaitu Realtime dan Reforecasts; menu Statistical Process dengan pilihan Instantaneous and Accumulated, dan Daily Averaged; menu Origins pilihannya BoM, CMA, ECMWF, HMCR, ISAC-CNR, JMA, Meteo Franc, NCEP, UKMO, ECCC, KMA; dan menu Type of Level (Potentials Temperature, Pressure Level, Surface); serta menu Type berisi control forecast, Perturbed Forecast.
Sebagai contoh, kita dapat memilih sub menu Realtime pada menu S2s Datasets yang terdiri dari dua pilihan yaitu  dan Reforecasts; sub menu Instantaneous and Accumulated pada menu Statistical Process; sub menu ECMWF pada menu Origins dan sub menu surface pada menu Type of Level; serta sub menu control forecast pada menu Type

Di bagian tengah ada menu Select Month yang terdiri dari pilihan tahun dan bulan; Select Step yang memuat pilihan step waktu dalam satuan jam; kemudian Select Parameter yang memuat pilihan parameter yang tersedia.

Dibagian bawah terdapat pilihan View Data Retrieval Request (untuk melihat data yang diminta sebelum didownload) dan Retrieve GRIB (jika mau langsung download data).  

Setelah klik Retrieve GRIB, maka akan muncul kotak dialog untuk memilih Area dan Grid Resolusi.Setelah memilih Area dan Grid Resolusi klik Menu Retrieve Now

Setelah itu akan muncul kotak dialog, dimana jika data siap didownload maka akan ada menu Download Grib yang aktif dan bisa di klik.


Untuk mengolah data format Grib tersebut, ada aplikasi yang dapat digunakan yaitu Panoply. Untuk memahami cara mengolah data Grib dengan Panoply dapat klik DISINI...

Selamat Mencoba......................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar